About Me

Tuesday, March 19, 2013

CONTOH INSTRUMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA


CONTOH INSTRUMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
KELAS XI IPA MATERI SUKUBANYAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah      : SMA –
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas / Semester  : XI / 2
Rayon                  : -

Standar Kompetensi      : ALJABAR
          4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
Kompetensi Dasar         :
          4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
Indikator              :
1.    Menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak serta mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak.
2.    Menentukan nilai dari suatu sukubanyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema.
3.    Menyelesaikan operasi antar sukubanyak yang meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian  sukubanyak.
4.    Menentukan koefisien yang belum diketahui nilainya dari dua sukubanyak yang sama.
5.    Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner).
Alokasi Waktu      :
          6 X 45 menit (3 X pertemuan)
I.             Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak serta mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak serta menentukan bentuk matematika yang merupakan sukubanyak. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
b. Peserta didik dapat menentukan nilai dari suatu sukubanyak dengan menggunakan cara  substitusi langsung dan skema. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
c. Peserta didik dapat menyelesaikan operasi antar sukubanyak yang meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sukubanyak. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
d.    Peserta didik dapat koefisien yang belum diketahui nilainya dari dua sukubanyak yang sama. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
e. Peserta didik dapat menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
Karakter siswa yang diharapkan  : 
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, hormat, tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan. Disiplin ( Discipline )
II.           Materi Pembalajaran
1.    Pengertian dan komponen sukubanyak
2.    Operasi aljabar sukubanyak
3.    Kesamaan sukubanyak
4.    Nilai sukubanyak
5.    Pembagian bersusun dan sintetik sukubanyak
III.         Model dan Metode Pembelajaran
1.    Model Pembalajaran          : Directive Learning ( Pembalajaran Langsung).
2.    Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya-jawab, resitasi.
IV.         Srategi Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
          Apersepsi    :        
          Motivasi      : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak,  mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak, dan menentukan nilai dari suatu sukubanyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema.
          Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
ü  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak ,mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak, dan cara menentukan nilai dari suatu sukubanyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Mathematics XI 2 science program, Yudhistira);
ü  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak, menentukan bentuk matematika yang merupakan sukubanyak, dan menentukan nilai sukubanyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menetukan derajat dari sukubanyak dan koefisien-koefisien tiap sukunya, mengenai cara menentukan nilai sukubanyak dengan substitusi langsung, mengenai cara menentukan nilai sukubanyak dengan cara skema.
ü Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan derajat sukubanyak dan koefisien-koefisien tiap suku suatu sukubanyak, mengenai penyusunan sukubanyak berdasarkan derajatnya, dan pengidentifikasian bentuk matematika yang merupakan sukubanyak dan cara menentukan nilai sukubanyak dengan substitusi langsung atau dalam buku paket sebagai tugas individu.
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari dalam buku paket.
ü Peserta didik mengerjakan beberapa soal Latihan dalam buku paket sebagai tugas individu.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
ü  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
ü  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
          Penutup
ü  Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai cara menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak, mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak, dan menentukan nilai sukubanyak dengan substitusi langsung dan skema.
ü  Peserta didik dan guru melakukan refleksi
ü  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengertian sukubanyak (derajat dan koefisien-koefisien tiap suku), pengidentifikasian bentuk matematika yang merupakan sukubanyak , dan penentuan nilai sukubanyak dengan substitusi langsung dan skema dari Latihan soal yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
Pertemuan II
Pertemuan III
I.             Sumber / Alat / Bahan Belajar
Sumber
- Buku paket yaitu buku Mathematics for senior high school year XI (science Program) 
- Buku LKS     
- Buku referensi lain.
Alat :
-       Laptop
-       LCD
-       OHP
II. Penilaian
Teknik                        :      tugas individu.
            Bentuk Instrumen           :      uraian singkat.
Contoh Instrumen    :     ------------------


                                                            Medan, ........................2013
Mengetahui
Kepala Sekolah                             Guru Mata Pelajaran Matematika


(                                 )                           (                               )
NIP : -                                                      NIP : -





Sumber : www.sarjanaku.com

0 comments:

Post a Comment

Song For Today

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Ell1